Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By April 27, 2014 0 Comments

Kapolda: Pemilu Legislatif Di NTB Cukup Kondusif

Mataram – Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Brigjen Pol Moechgiyarto mengatakan, pelaksanaan pemilu legislatif di wilayah itu cukup kondusif, meski riak kecil ikut mewarnai.

“Sampai saat ini, situasi cukup kondusif meskipun ada letupa-letupan kecil yang bisa ditangani. Secara umum, semua permasalahan dapat diselesaikan dengan baik,” ujar Moechgiyarto, di sela-sela pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD, 9 April 2014, tingkat KPU provinsi, di Mataram, Rabu (23/4).

Kapolda NTB itu turun langsung memantau jalannya pleno rekapitulasi yang juga disaksikan Bawaslu NTB, dan pimpinan atau perwakilan parpol peserta pemilu.

Ia mengatakan, dalam mengamankan pelaksanaan pemilu, Polda NTB menerapkan prinsip memadamkam api sebelum meluas.

“Prinsip kerja saya, apabila ada api yang mencuat, maka segera padamkan sebelum meluas. Itu yang saya lakukan dan jajaran saya pun melaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Moechgiyarto mengaku, telah menginstruksikan jajarannya untuk mengamankan semua hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, baik orang maupun barang seperti dokumen yang harus diamankan.

Kendati demikian, ia mengakui adanya keterbatasan personil sehingga penyelenggara pemilu yang mendapat ancaman dari pihak tertentu, sempat tidak tertangani karena yang bersangkutan tidak menginformasikannya.

“Sepanjang kami ketahui, maka pasti ditindak tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” ujarnya.

Pemungutan suara pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD di wilayah NTB berlangsung pada 12.020 TPS, yang menyebar di 1.137 desa/kelurahan pada 10 kabupaten/kota.

Saat ini, tahapan pemilu telah memasuki tahap rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat KPU Provinsi NTB.

Sesuai jadwal, tahapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu legislatif di tingkat KPU pusat akan digelar 26 April sampai 6 Mei 2014.

Penetapan hasil pemilu secara nasional dijadwalkan 7 Mei sampai 09 Mei, kemudian penetapan partai politik memenuhi ambang batas (PT)  tiga persen.

Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih tingkat nasional hingga kabupaten/kota dijadwalkan 11 Mei sampai 18 Mei, dan peresmian keanggotaan DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dijadwalkan Juni sampai September 2014.

Pengucapan sumpah dan janji anggota terpilih DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, dijadwalkan Juli sampai Oktober 2014.(ant)

 

Posted in: Resensi Buku

About the Author:

Post a Comment