Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By September 19, 2013 0 Comments

BLH Ajukan Proposal Pengelolaan Sampah Terpadu

Taliwang – Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa Barat (BLH KSB) telah mengajukan proposal tentang rancangan pengelolaan sampah terpadu yang akan dilakukan oleh Kelurahan Arab Kenangan yang akan ditunjuk sebagai pilot project pelaksanaan program.

Kepala BLH Sumbawa Barat, H Usman HI SPd yang ditemui dalam ruang kerjanya Selasa 17/9 kemarin mengaku, proposal yang diajukan kepada pemerintah pusat melalui dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) untuk menawarkan beberapa konsep, terutama dalam penyehatan lingkungan dan pemukiman.

“Pemerintah Sumbawa Barat sangat konsen menangani persoalan sampah, sehingga ada beberapa solusi yang hendak dilakukan, namun untuk merealisasikan program itu membutuhkan anggaran tidak sedikit, sehingga mengajukan proposal untuk mendapatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” ucap H Usman HI yang didampingi sekretaris BLH, Syafruddin BE.

Masih keterangan H Usman HI, konsep yang akan dilaksanakan itu adalah menyediakan bak sampah diseluruh rumah dalam kelurahan yang menjadi pilot project, dimana bak yang sampah yang dimaksud terbagi tiga yaitu, bak sampah basah, sampah kering dan khusus sampah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3), jadi masyarakat diajarkan untuk membuang sampah sesuai model sampah tersebut.
Sampah yang dibuang secara teratur itu akan diambil oleh petugas khusus, karena ada sampah yang memiliki nilai ekonomis, tetapi selama ini masyarakat tidak paham dalam perlakuan terhadap sampah, jadi kedepan BLH akan melaksanakan program recycle (daur ulang), reuse (pemanfaatan kembali) dan reduce (penggunan kembali).

Pada kesempatan itu, H Usman HI berharap kepada semua komponen masyarakat dan pemangku kepentingan untuk mendukung program penciptaan kebersihan tersebut, termasuk upaya merubah prilaku masyarakat yang cukup sering membuang sampah sembarangan.(SBP-01)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment