Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By July 29, 2013 0 Comments

Seorang Laksamana Madya Tewas Dalam Serangan Di Meksiko

Mexico City – Seorang laksamana madya di Meksiko tewas, Ahad (28/7), dalam penyergapan di satu jalan di Negara Bagian Michoacan, Meksiko Barat, tempat presiden Meksiko telah mengirim pasukan militer guna merebut daerah yang dikuasai gerombolan narkotika.

Para penyerang yang memiliki senjata berat menewaskan Laksamana Madya Carlos Salazar, yang mengomandani pangkalan Angkatan Laut di tempat pelancongan Pantai Pasifik Puerto Vallarta, serta seorang perwira lain, kata Angkatan Laut di dalam satu pernyataan.

Perwira militer tersebut diserang setelah mereka dialihkan ke satu jalan wilayah dari jalan raya utama yang membujur antara Ibu Kota Negara Bagian Michoacan dan Guadalajara, Ibu Kota Negara Bagian Jalisco –tempat Puerto Vallarta berada.

Media lokal melaporkan sekelompok demonstran telah menghalangi jalan raya itu. Michoacan telah menyaksikan lonjakan protes dan kelompok bersenjata tahun ini, yang menyatakan pemerintah gagal menghentikan pemerasan dan kekerasan oleh gerombolan nartkotika.

Presiden Enrique Pena Nieto, Kamis malam (25/7), mengakui kejahatan terorganisir menguasai daerah Michoacan. Namun ia berjanji akan memulihkan ketenangan di negara bagian itu –tempat pendahulunya Felipe Calderon melancarkan aksi militernya melawan gerombolan narkotika.

Ratusan prajurit federal telah dikerahkan ke Michoacan sejak pekan lalu, untuk bergabung dengan pasukan yang telah dikerahkan ke sana oleh Pena Nieto, demikian laporan Reuters –yang dipantau Antara di Jakarta, Senin siang. Pada Mei, ia menetapkan seorang jenderal untuk bertugas memimpin semua operasi polisi dan militer di negara bagian tersebut.

Pena Nieto memangku jabata pada Desember, dan berjanji akan mengurangi aksi kejahatan setelah Calderon menghabiskan waktu enam tahun untuk berjuang memadamkan kerusuhan yang merajalela dan berkaitan dengan narkotika. Lebih dari 70.000 orang telah tewas sejak 2007.(ant)

Posted in: International

About the Author:

Post a Comment