Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By June 9, 2013 0 Comments

KPU KSB Ragukan KTP Dukungan Calon Anggota DPD RI

Taliwang – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa Barat (KPU KSB) meragukan sejumlah Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dipergunakan sejumlah calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk menjadi syarat dukungan.

Keraguan itu muncul setelah KPU KSB melakukan verifikasi factual terhadap syarat dukungan semua calon anggota DPD RI, dimana mendapatkan banyak pengakuan dari masyarakat, jika mereka selaku pemilik KTP merasa tidak pernah memberikan dukungan kepada calon anggota DPD RI, dan mengaku identitasnya itu diberikan untuk keperluan verifikasi Partai Politik (Parpol).

Ketua KPU KSB, Khaeruddin SE yang dikonfirmasi membenarkan adanya pengakuan masyarakat soal tidak pernah memberikan dukungan kepada calon anggota DPD RI. Pengakuan itu dijadikan temuan dibuat laporannya untuk disampaikan kepada KPU Provinsi NTB. “Semua temuan lapangan saat melakukan verifikasi sudah menjadi laporan,” ucap Heru sapaan akrabnya.

Diingatkan Heru, temuan itu bisa saja akan menjadi penghambat penetapan calon anggota DPD RI, karena syarat mutlak untuk bisa diloloskan sebagai peserta pemilu 2014 mendatang harus mengantongi sejumlah persyaratan, diantaranya jumlah dukungan masyarakat yang dibuktikan melalui KTP. “Kami sudah merampungkan proses verifikasi faktual terhadap calon anggota DPD RI,” lanjut Heru.

Meskipun tidak menyebut siapa saja calon anggota DPD RI yang diverifikasi, namun Heru mengaku jumlahnya tidak terlalu banyak, “Kami dari KPU KSB hanya melakukan verifikasi terhadap 10 orang calon saja,” beber Heru.

Menanggapi rumor yang berkembang tentang penggunaan KTP fiktif, Heru tidak ingin memberikan tanggapan soal itu, lantaran saat melakukan verifikasi tidak menemukan hal itu. “Saya tidak bisa komentar soal isu itu, karena sulit untuk melakukan pembuktian, apakah identitas itu palsu atau tidak, namun yang pasti banyak diantara pemilik KTP yang didatangi mengaku tidak pernah memberikan dukungan untuk salah seorang calon anggota DPD RI,” timpal Heru.(SBP-01)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment