Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By March 27, 2013 0 Comments

Itkab Masih Melakukan Pemeriksaan Reguler SKPD

Taliwang – Pemeriksaan regular terhadap seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dilakukan Inspektorat Kabupaten (Itkab) masih berjalan, sehingga belum bisa disampaikan sudah berada SKPD yang dinyatakan rampung pemeriksaan.
Inspektur Itkab Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Ir H Ady Mauluddin MSi yang ditemui dalam ruang kerjanya menegaskan, pemeriksaan regular merupakan pemeriksaan wajib yang harus dilakukan kepada SKPD pada setiap awal tahun, karena yang menjadi titik poin pemeriksaan berkaitan dengan anggaran tahun sebelumnya.
Masih keterangan H Ady Mauluddin, pemeriksaan regelur merupakan program kerja pengawasan tahunan yang dilakukan Itkab, dimana sebelumnya atau pada akhir tahun dilakukan rapat koordinasi bersama Itkab provinsi untuk membahas bentuk pemeriksaan yang akan dilakukan, termasuk pemaparan program yang akan menjadi salah satu poin pemeriksaan, sehingga tidak terjadi tumpang tindih pemeriksaan.
“Pemeriksaan regular memang sudah menjadi kegiatan tahunan, sehingga beberapa kelengkapan yang diminta seharusnya dapat ditunjukan oleh masing-masing SKPD, seperti data administrasi umum, data administrasi keuangan, data administrasi kepegawaian, data administrasi kelembagaan dan data administrasi asset,” tandas H Ady Mauluddin.
Data administrasi umum yang diminta berupa, Surat Keputusan (SK) Kepala SKPD, SK PPK, SK Pejabat Penatausaha Keuangan, SK Bendahara Pengeluaran, SK Bendahara Penerimaan, SK PPTK, SK Panitia Pengadaan, SK Panitia Pemeriksaan, SK Pejabat Pengadaan, SK Tenaga Honor Daerah, SK Tenaga Kontrak Daerah dan SK Tenaga Sukarela.
Sementara data administrasi keuangan yang harus ditunjukan berupa, laporan realisasi fisik keuangan, buku kas umum dan buku kas pembantu, laporan realisasi anggaran tahun 2012, register SP2D, kontrak pengadaan barang/jasa, print out rekening Koran tahun anggaran tahun 2012, SPJ dikelompokan maisng-masing bidang dan rekapitulasi SPPD.
Data administrasi kepegawaian yang akan diperiksa juga adalah, buku-buku administrasi kepegawaian, model DK PNS, daftar gaji Januari S/d Desember 2012, absensi harian dan rekapitulasi bulan Januari s/d Desember 2012 dan Laporan Pembayaran Pajak Pribadi (LP2P).
Data administrasi kelembagaannya tentang tugas pokok dan fungsi, struktur organisasi, nama-nama pegawai sesuai jabatan, buku DUK PNS, buku pensiun PNS, buku induk kepegawaian, buku kenaikan gaji berkala, buku kenaikan pangkat dan buku penjagaan CPNS/PNS, lalu data administrasi asset meliputi buku-buku administrasi barang, laporan kondisi pengelolaan barang SKPD (triwulan, semester, tahunan) dan buku KIR dan KIB.(SBP-01)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment