Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By February 16, 2013 0 Comments

Kapolda NTB Ingatkan Personilnya Netral Dalam Pilkada

Mataram – Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Brigjen Pol Mochamad Iriawan mengingatkan personilnya agar tetap bersikap netral dalam proses pemilihan kepala daerah (pilkada) di provinsi, Kabupaten Lombok Timur dan Kota Bima.

“Jangan ada yang coba-coba tidak netral, itu risiko bagi yang bersangkutan, saya mutasi ke sana (tempat yang tidak dikehendaki),” kata Iriawan, di Mataram, Kamis, ketika menjelaskan sikap polri dalam proses Pilkada di Provinsi NTB, Kabupaten Lombok Timur dan Kota Bima, yang digelar secara bersamaan.

Aparat kepolisian terlibat langsung dalam tugas pengamanan berbagai aktivitas pilkada, bahkan memberi pengawalan khusus kepada para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, semenjak ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga tahapan akhir pilkada.

Hal itu memberi ruang ketidaknetralan aparat kepolisian, namun Kapolda Iriawan memastikan tugas pengawalan merupakan bagian dari tugas negara, namun oknum anggota polri tidak memihak kepada kandidat mana pun. “Personil polri harus tetap netral, tidak boleh tidak, dan saya akan memantau secara langsung sebelum memberi sanksi,” ujarnya.

Iriawan mengakui, pihaknya telah menginstruksikan para perwira menengah untuk menyusun peta karawanan dalam proses pilkada, baik di Provinsi NTB, Kabupaten Lombok Timur, maupun di Kota Bima.

Potensi konflik antara pendukung pasangan calon, harus diantisipasi sejak dini agar tidak mencuat menjadi konflik horizontal. “Sejauh ini, Pilkada NTB masih aman, Lombok Timur juga aman, hanya di Kota Bima yang sempat mencuat gejolak sosial seperti di Asa Kota, Kota Bima, tetapi itu sudah terkendali,” ujarnya.

Dia mengakui, pengawasan ketat akan dilakukan Polda NTB menjelang tahapan pemungutan suara, yang dijadwalkan 13 Mei 2012 untuk putaran pertama, dan 22 Juli untuk putaran kedua.

Dikhawatirkan ada pasangan calon yang kalah kemudian memprovokasi pendukungnya untuk melakukan tindakan anarkis.  “Nanti, ada tambahan dua kompi Brimob, satu dari Kelapa Dua, Jakarta, satu lagi dari Jawa Timur,” ujarnya.(ant)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment