Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By January 30, 2013 0 Comments

NTB Siapkan Usulan Formasi CPNS 2013

Mataram – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat tengah menyiapkan usulan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2013, meskipun belum ada surat edaran pengadaan CPNS dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Kami siapkan usulannya agar disampaikan pada kesempatan pertama saat pengadaan CPNSD 2013 dibuka,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB Muh Suruji, di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan, usulan formasi CPNS yang tengah disiapkan itu merupakan pembaharuan dari usulan serupa yang diajukan Pemprov NTB ke Kementerian PAN dan RB pada pertengahan 2012.

Pada Juli 2012, Pemerintah Provinsi NTB mengusulkan penambahan sebanyak 255 orang PNS untuk tahun anggaran 2013, karena NTB tidak diizinkan merekrut CPNS di 2012.

Sebanyak 255 formasi CPNS 2013 yang diusulkan Pemprov NTB itu terdiri dari 177 formasi tenaga kesehatan, dan sisanya atau 78 formasi tenaga guru, dan tenaga teknis seperti penyuluh lapangan dan pengawas tenaga kerja.

“Saat itu kami percepat usulan pengadaan CPNSD 2013, agar menjadi perhatian pusat, karena NTB tidak termasuk 22 institusi pemerintah daerah yang dibolehkan Kementerian PAN dan RB untuk merekrut CPNS melalui jalur umum di 2012. Sekarang usulan tersebut diperbaharui,” ujarnya.

Kementerian PAN dan RB memutuskan hanya 23 institusi pemerintah pusat dan 22 institusi pemerintah daerah, yang boleh merekrut CPNS di tahun anggaran 2012.

Pemerintah membuka peluang pengangatan CPNS melalui seleksi umum, dan secara nasional tersedia 62 ribu formasi khusus. Sebanyak 20 ribu lebih formasi untuk pemerintah pusat dan 40 ribu lebih untuk daerah.

NTB tidak termasuk dalam 22 insitusi pemerintah daerah yang boleh merekrut CPNS 2012 itu jika mengacu kepada kepada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Nomor 26 Tahun 2011 tentang Pedoman Penghitungan Jumlah Pegawai Negeri Sipil.

Untuk kepentingan penataan birokrasi maka rekruitmen CPNS disesuikan dengan jumlah kebutuhan, kompetensi atau profesionalisme unit kerja, distribusi satuan kerja antarlembaga maupun antardaerah.

Jumlah PNS di jajaran Pemprov NTB telah mencapai 7.055 orang yang mengabdi di jajaran Sekretariat Daerah (Setda), Sekretraiat Dewan (Setwan), dinas-dinas daerah, Lembaga Teknis Daerah (LTD) dan lembaga daerah lainnya.

Dari pedoman yang ada yang dikaitkan dengan beban kerja, maka Pemprov NTB termasuk daerah kelebihan PNS, namun dari aspek kualifikasi kompetensi masih tergolong kurang, terutama tenaga ahli medis dan paramedis.

Berdasarkan analisis kebutuhan pegawai sesuai Keputusan Menpan dan RB Nomor 26 Tahun 2011 itu, maka Pemprov NTB tidak mendapatkan formasi CPNS di 2012.

Namun, Pemprov NTB dan provinsi lainnya dibolehkan mengajukan usulan formasi CPNS 2013 jika telah melakukan kajian dan analisis jabatan, sebagaimana diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar.

Sebanyak 35 orang analis jabatan di Pemerintah Provinsi NTB yang telah dibekali pengetahuan analisa jabatan dan beban kerja, kemudian masih mengkaji formasi PNS yang dibutuhkan.

Karena itu, Pemprov NTB tengah menyiapkan usulan formasi untuk pengadaan CPNS 2013, yang diperkirakan lebih dari 250 formasi, untuk tenaga kesehatan, pendidikan dan tenaga teknis tertentu.(ant)

Posted in: Regional

About the Author:

Post a Comment