Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By January 3, 2013 0 Comments

BPBD Lombok Utara Berlakukan Siaga Bencana Longsor

Mataram – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Utara memberlakukan siaga bencana tanah longsor untuk lokasi tertentu, seperti di Teluk Nare, Kecamatan Pemenang, yang mulai menunjukkan gejala tanah longsor saat diguyur hujan deras.

“Kami berlakukan siaga I yang kami sebut siaga bencana tanah longsor, di Teluk Nare itu, tepatnya di Dusun Keranjuk Desa Menggala Kecamatan Pemenang,” kata Kepala BPBD Kabupaten Lombok Utara Muhamad Iwan Maret Asmara, ketika dihubungi dari Mataram, Rabu.

 

Dusun Keranjuk itu terletak di lereng bukit Teluk Nare, yang dihuni sedikitnya 100 kepala keluarga (KK), dan salah satu rumah sudah terkena material longsoran saat guyuran hujan deras sejak Selasa (1/1) pukul 18.30 Wita hingga tengah malam.

 

Tak jauh dari lereng bukit itu, bermukim Wakil Bupati Lombok Utara Najmudin Ahyar, beserta sanak keluarganya, dan kediaman itu sekaligus menjadi rumah dinas mengingat hingga kini belum ada rumah dinas Wakil Bupati Lombok Utara.

 

Iwan mengatakan, dikhawatirkan terjadi bencana tanah longsor yang membahayakan penghuni di lereng bukit itu sehingga ditempuh langkah antisipasi yakni penyiapan tenda-tenda darurat untuk ditempati penghuni lereng bukit itu jika hujan deras kembali mengguyur daerah itu.

 

Sedikitnya 15 unit tenda didirikan di kawasan perbukitan Teluk Nare sebelah utara, yang dinilai aman dari kemungkinan bencana tanah longsor.

 

Tenda-tenda itu didirikan oleh petugas BPBD Kabupaten Lombok Utara yang berkoordinasi dengan BPBD Provinsi NTB.

 

“Nanti kalau hujan deras lagi pada malam hari atau beberapa hari ke depan, maka warga yang menghuni lereng bukit itu langsung dievakuasi guna menempati tenda-tenda yang disediakan,” ujarnya.

 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD Provinsi NTB Bachrudin yang dihubungi terpisah, membenarkan pemberlakuan siaga bencana di Teluk Nare itu.

 

Bahkan, petugas BPBD NTB juga sudah diterjunkan ke lokasi untuk mengamati kemungkinan terjadinya bencana tanah longsor akibat guyuran hujan deras.

 

“Kami kerahkan satu unit dapur umum ke lokasi, sejumlah anggota Tagana (Taruna Siaga Bencana) juga telah dikerahkan ke sana, dan siap membantu evakuasi warga jika malam nanti terjadi hujan deras,” ujar Bachrudin yang masih menjabat Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi NTB itu.

 

Selain itu, BPBD NTB juga telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Lombok Utara untuk menyediakan logistik dan bantuan tanggap darurat lainnya, untuk dimanfaatkan warga yang dievakuasi jika guyuran hujan deras kembali mencuat.(ant)

Posted in: Regional

About the Author:

Post a Comment