Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By December 17, 2012 0 Comments

DKPP Siap Operasikan Pabrik Es Tano

Taliwang – Beberapa kendala yang dihadapi Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumbawa Barat (DKPP KSB) untuk mengoperasikan pabrik es Poto Tano telah terselesaikan, bahkan siap untuk dimanfaatkan oleh masyarakat.

Kabid Perikanan Budidaya dan Pengolahan Hasil Perikanan pada DKPP, Zainal Arifin SP mengaku, permasalahan yang dihadapi selama ini adalah kekuatan daya listrik dan adanya gangguan terhadap mesin pendingin, tetapi semua itu sudah dapat teratasi dengan baik.

Diingatkan Ipin sapaan akrabnya, dilokasi itu telah terpasang daya mencapai 23 ribu watt atau cukup untuk mengoperasikan mesin pembekunya, sehingga dalam waktu tidak terlalu lama akan dilakukan uji coba. Hasil uji coba akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat nelayan sekitar dan mungkin nelayan lainnya.

Disampaikan Ipin, jika pabrik es dapat dioperasikan secara maksimal, maka akan mampu memenuhi seluruh kebutuhan es balok bagi para nelayan, baik nelayan Poto Tano, Nelayan Kertasari, Nelayan Labuhan Lalar dan nelayan Lebo itu sendiri. “Pokonya produksi pabrik es tano akan memenuhi kebutuhan es bagi para nelayan,” tegas Ipin.

Apakah pengelolaan pabrik es akan dipercayakan kepada pihak ketiga, Ipin mengaku tidak bisa memberikan kepastian, karena keputusan itu menjadi kewenangan pimpinan, namun yang pasti keberadaan perusahaan itu harus memberikan kontribusi bagi daerah, karena mesin yang dimiliki saat ini mampu memproduksi sekitar 150 balok es setiap produksi. “Apakah akan dikelola langsung DKPP atau dipercayakan kepada pihak ketiga bukan kewenangan saya yang menentukan,’ timpal Ipin.

Ipin juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat nelayan, lantaran selama ini belum bisa terlayani kebutuhan es, lantaran pabrik es yang mengalami kerusakan, namun diharapkan pelayanan secara maksimal sudah dapat dilakukan pada tahun 2013 mendatang.(SBP-01)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment