Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By October 27, 2012 0 Comments

Managemen Newmont Harus Serius Lakukan Evaluasi Kinerja Karyawan

Taliwang – Kebijakan mengurangi sekitar 100 orang karyawan sesuai memo dari Presiden Direktur PT. Newmont Nusa Tenggara (PT. NNT) bernomor 1151/PD-MH/NNT/IX/2012 tertanggal 27 September 2012 perihal, inisiatif percepatan pencapaian kinerja dan peningkatan nilai memang tidak bisa diintervensi, namun diharapkan tidak mengurangi karyawan local.
“Kami sangat paham dengan munculnya kebijakan perusahaan tersebut, sehingga diminta kepada managemen Newmont untuk serius melakukan evaluasi kinerja karyawan sebelum penentuan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), atau setidaknya semaksimal mungkin menghindari karyawan local yang akan kena imbas kebijakan tersebut,” timpal anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin ST.
Ketegasan politisi yang menjabat sebagai wakil ketua komisi II DPRD KSB itu, lantaran telah mendengar informasi dari komponen masyarakat, bahwa pihak managemen bukan melakukan evaluasi terhadap kinerja, tetapi lebih pada melakukan pengancaman terhadap karyawan, termasuk melakukan penculikan terhadap karyawan yang akan dikenakan pada kebijakan perusahaan.
Masih keterangan Fud Syaifuddin, sampai saat ini, tidak ada keberatan atau ada upaya melakukan intervensi terhadap kebijakan perusahaan utnuk melakukan pengurangan karyawan, tetapi kalau cara yang dilakukan seperti isu yang tersebar, maka harus ada perlawanan dari pemerintah KSB, apalagi yang coba ditekan dengan cara premanisme itu adalah karyawan local Bumi Pariri Lema Bariri.
“Kami tidak ingin persoalan kecil ini akan menjadi masalah besar bagi keberlanjutan operasional perusahaan, sehingga diminta kepada managemen perusahaan untuk obyektif dan transparan dalam melakukan penilaian kinerja yang akan dijadikan pijakan dalam penentuan kebijakan tersebut,” timpal mantan ketua KPU KSB ini.
Dalam kesempatan itu, Fud juga mengingatkan kepada managemen untuk mendesak seluruh perusahaan subkontraktor, agar tidak melakukan perekrutan tenaga kerja secara diam-diam, apalagi rekrutan baru itu lebih diperioritaskan tenaga kerja non local, karena memang masyarakat local saat ini memiliki kemampuan untuk bekerja sesuai standar perusahaan, namun belum diberikan kesempatan.
Catatan penting yang harus diketahui pihak managemen Newmont, rencana perusahaan melakukan pengurangan karyawan terus dipantau dan diawasi untuk melihat prosesnya sudah prosedur dan obyektif atau atas dasar subyektifitas dari pihak managemen yang diberikan kewenangan untuk melakukan penilaian.(SBP-01)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment