Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By October 16, 2012 0 Comments

Awas Penyakit Cacing, DKPP Bentuk Tim Pemeriksa Hewan Qurban

Taliwang – Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) membentuk tim pelaksana kegiatan pengawasan dan pemeriksaan hewan qurban.
Pembentukan tim ini dilakukan DKPP setiap tahun, agar ada jaminan bagi masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terhadap hewan yang akan dipotong di Idul Adha, termasuk untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang adanya penyakit cacing bagi ternak.
Kabid Peternakan pada DKPP, Supiarno SPt yang ditemui dalam ruang kerjanya mengaku, tim yang dibentuk sampai pada tingkat kecamatan itu memiliki tanggung jawab untuk menjamin hewan qurban yang akan dipotong.
“Tim yang dibentuk memiliki tugas untuk mendata lokasi, jenis dan jumlah hewan qurban, melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh terhadap hewan qurban sehari sebelum pelaksanaan qurban, melakukan pemeriksaan antemortem dan postmortem terhadap semua hewan qurban pada saat pelaksanan qurban dan melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan paling lambat 5 hari setelah kegiatan selesai dilaksanakan,” beber Supiarno.
Masih keterangan Supiarno, semoga dengan pembentukan tim ini dapat memberikan jaminan bagi masyarakat tentang hewan yang akan diqurban, selain memberikan kepastian bahwa hewan yang dapat dijadikan hewan qurban di Bumi Pariri Lema Bariri ini cukup tersedia. “Stok hewan qurban sangat cukup saat ini,” tegas Supiarno.
Dalam kesempatan itu, Supiarno tidak membantah jika beberapa waktu lalu ditemukan adanya penyakit cacing hati ternak, namun ternak yang terjangkiti penyakit itu masih dapat dikonsumsi, tetapi diharapkan kepada masyarakat untuk tidak mengkonsumsi hati ternak yang sudah terjangkiti cacing. “Memang ternak yang terjangkiti penyakit cacing hati bisa dikonsumsi dagingnya, tetapi untuk hatinya kalau bisa tidak usah dikonsumsi,” harap Supiarno.
Supiarno menyampaikan, hati ternak yang telah terjangkiti memang tetap bisa dikonsumsi, jika dimasak lebih lama dari biasanya, tetapi akan lebih baik menghindari untuk dikonsumsi, agar kita terhindar dari penyakit bawaan dari hati yang sudah terjangkiti penyakit cacing tersebut.(SBP-01)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment