Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By September 26, 2012 0 Comments

Sumbawa Barat Harap Jatah CPNS 2013 Bertambah

Taliwang – Pemerintah daerah (Pemda) Sumbawa Barat berharap jatah rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 mendatang mengalami penambahan dibanding pada penerimaan CPNS tahun lalu.
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan (BK Dilat) KSB, Drs Burhanuddin kepada wartawan mengatakan persyaratan untuk formasi penerimaan CPNS tahun 2013 sudah diajukan pihaknya kepada pemerintah pusat. Diharapkan, penerimaan pegawai tahun 2013 mendatang
ini bertambah dibanding tahun sebelumnya.
”Kita harap ada penambahan jatah CPNS, sehingga kekurangan PNS yang
saat ini dihadapi Pemda KSB bisa teratasi,” harap Burhanuddin.
Untuk diketahui lanjut Burhanuddin, sampai saat ini KSB sendiri masih mengalami kekurangan PNS sekitar dua ribu lebih. Belum lagi, sebelumnya
pemerintah pusat memberlakukan moratorium pengangkatan CPNS yang berimbas pada penerimaan pegawai Pemda KSB beberapa tahun terakhir.
Menurut Burhanuddin, tenaga yang paling banyak diusulkan untuk formasi CPNS itu antara lain, tenaga kesehatan, tenaga pendidikan dan tenaga administrasi, khsususnya akuntansi keuangan. ”Kita juga masih mengalami kekurangan tenaga auditor, makanya tahun 2013 mendatang juga kita usulkan untuk diterima,” papar Burhanuddin.

Khusus tenaga kesehatan, kebutuhan paling banyak tentunya tenaga yang akan ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). ”Kita harapkan pemerintah pusat bisa menambah jatah CPNS ini, minimal tidak berkurang dari jatah sebelumnya,” harapnya.

Ketika ditanya terkait penerimaan pegawai kategori satu (K1)? Burhanuddin menjelaskan babwa belum lama ini sudah dilakukan rapat koordinasi lebih lanjut dengan Badan Kepegawain Negara (BKN) dan Kementerian Pendayagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan RB) dimana diharapkan pengangkatan tenaga K1 ini bisa dilakukan bersamaan dengan penangkatan CPNS kementerian keuangan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. ”Kita harapkan pengangkatan K1 ini bisa dilakukan bersamaan dengan keluarnya NIP pegawai yang diterima kementerian beberapa waktu lalu,” harap Burhanuddin.

Dijelaskan Burhanuddin, Honorer K1 secara keseluruhan berjumlah 109 orang. Jumlah tersebut merupakan hasil verifikasi akhir yang dilakukan Kemenpan dan RB bersama BKN. ”Jika K1 tidak ada masalah yang kita tunggu keputusan akhirnya ini adalah untuk honorer K2,” bebernya.
Apakah penerimaan pegawai K1 ini tidak mempengaruhi jatah KSB untuk
penerimaan CPNS jalur umum? Burhanuddin kembali mengingatkan pengangkatan honorer K1 menjadi PNS ini sama sekali tidak mengurangi jatah penerimaan melalui jalur umum. K1 sendiri merupakan honorer yang sempat tidak terdaftar pada saat pembukaan pegawai melalui jalur Data Base tahun 2004 lalu. ”Tidak ada kaitan pengurangan jatah jalur umum dengan masuknya K1 ini,” tambah Burhanuddin.(SBP-02).

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment