Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By September 21, 2012 0 Comments

Penambangan Pasir Besi Ai Kangkung Dihentikan

Taliwang – Aktifitas penambangan pasir besi di desa Ai Kangkung, kecamatan Sekongkang akhirnya dihentikan. Penghentian itu disebabkan deposit (cadangan) pasir besi diwilayah tersebut tidak cukup untuk dilakukan penambangan besar.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral dan Kebudayaan dan Pariwisata dan (ESDM dan Budpar), Drs Hajamuddin mengaku, penghentian aktifitas penambangan diwilayah Ai Kangkung, karena cadangan pasir besi yang akan ditambang dinilai tidak ekonomis, sementara dalam aturannya, perusahaan yang melakukan penambangan wajib membangun dan melakukan produksi diwilayah tersebut.

Masih keterangan Hajamuddin, secara aturan semua persyaratan yang dibutuhkan telah dipenuhi perusahaan, termasuk mengantongi Ijin Usaha Pertambangan (IUP) dari pemerintah. “Kalau secara administrasi mereka sudah lengkap. Hanya saja, ternyata cadangan dan kandungan pasir besi diwilayah pantai itu sedikit tidak sesuai dengan besaran modal yang harus mereka keluarkan,” ucap Hajamuddin.

Untuk diketahui, penambangan pasir besi diwilayah pantai selatan Sumbawa Barat ini menggunakan bendera koperasi Tresna Pariri dengan mengandeng pihak ketiga. Akibat adanya aktifitas penambangan tersebut kondisi pantai diwilayah Ai Kangkung sangat memprihatikan, bahkan beberapa rumah penduduk yang berada di sekitar lokasi penambangan tersebut terancam abrasi, pasir yang sebelumnya digunakan untuk menahan gelombang saat ini sudah ditambang.

Soal kerusakan lingkungan yang terjadi termasuk reklamasi dari penambangan tersebut pihaknya dalam waktu dekat akan memanggil koperasi dan perusahaan pihak ketiga yang mengelola tambang pasir tersebut. “Kita akan panggil mereka meminta kepastian bagaimana kelanjutan dari perbaikan dan normalisasi kawasan pantai akibat penambangan tersebut,” janji Hajamuddin.(SBP-01)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment