Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By August 2, 2012 0 Comments

2013, Memungkinkan ada Proses Seleksi CPNS

Taliwang – Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) belum mencabut moraturioum seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), tetapi sudah menguat akan ada proses itu ditahun 2013 mendatang.

Indicator yang memunculkan prediksi akan ada proses seleksi CPNS disejumlah daerah yang diyakini masih membutuhkan pegawai terlihat dari surat perintah untuk melakukan analisis jabatan, dan melakukan penataan guru dan aparatur sesuai beban kerja. Hal itu sendiri sudah dilakukan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan (BK Diklat) yang pernah dikonfirmasi beberapa waktu lalu menyampaikan, proses usulan formasi telah dilakukan, termasuk sudah melakukan analisis jabatan dan melakukan penataan guru, melakukan penghitungan beban kerja.

Soal memungkinkan ada seleksi CPNS di Bumi Pariri Lema Bariri pada tahun 2013 mendatang, Burhanuddin tidak dapat memberikan kepastian, tetapi kalau mengacu pada pertimbangan dasar untuk seleksi CPNS sangat memungkinkan, dimanarealisasi belanja pegawai di KSB lebih kecil jika dibandingkan dengan belanja public sebagaimana yang tertuang dalam APBD, kisarannya untuk belanja pegawai di dalam APBD KSB baru mencapai 32,8 persen sedangkan maksimalnya sekitar 50 persen.

“Sejalan dengan masih minimnya persentase belanja pegawai sebagaimana tahun sebelumnya dua indicator tersebut (Perbandingan Belanja Pegawai & belanja Publik) kerap dijadikan acuan untuk pemenuhan kebutuhan pegawai. Artinya, jika tingkat belanja pegawainya lebih kecil dari belanja public memungkinkan kebutuhan pegawai dalam satu daerah bisa dipenuhi,” tegas Burhanuddin.

Dalam kesempatan itu disampaikan juga oleh Burhanuddin, formasi yang diusulkan kepada Menpan RI, antara lain guru SMK, tenaga tekhnis kepegawaian, serta tenaga kesehatan baik itu perawat maupun dokter. “Tenaga kesehatan sangat banyak dibutuhkan, apalagi pemerintah KSB saat ini sedang merampungkan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD),” lanjut Burhanuddin.

Diakui juga, tingkat kebutuhan KSB untuk formasi kurang lebih ada 2000 orang, tetapi jumlah yang dibutuhkan itu tidak mungkin direalisasikan seluruhnya oleh pihak Menpan RI, namun pemerintah KSB tetap berupaya, agar formasi penerimaan di KSB cukup banyak, sehingga dapat memenuhi kebutuhan aparatur yang diharapkan.(SBP-01)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment