Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By July 31, 2012 0 Comments

Pemangkasan “Bukit Bandara” Tunggu Jadwal Newmont

Taliwang – Persoalan pembebasan areal bukit yang akan menjadi landasan pacu (runway) sudah dirampungkan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dengan pemilik lahan, jadi sekarang ini tinggal menunggu jadwal pemangkasan terhadap “Bukit Bandara” tersebut.

Seperti yang pernah diberikan media ini sebelumnya, pemerintah KSB melalui Sekretaris Daerah (Sekda) telah bertemu dengan seluruh pemilik areal tersebut, termasuk menghadirkan pemerintah kecamatan Sekongkang untuk menjadi saksi pertemuan tersebut. Dalam pertemuan itu sepakati harga pembebasan, termasuk tahapan pembayaran yang akan dilakukan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Drs Khairuddin Karim MH yang dikonfirmasi melalui selularnya mengatakan, pekerjaan pemangkasan bukti sudah tidak masalah lagi, karena sudah ada keputusan bersama antara pemerintah dengan masyarakat pemilik areal lahan bukti tersebut.

Masih keterangan Khairuddin Karim, untuk pekerjaan persiapan pembangunan Bandara Umum Sekongkang, termasuk pemangkasan terhadap bukti dibebankan kepada PT. Newmont Nusa Tenggara (PT. NNT), sesuai hasil kesepakatan antara pemerintah KSB dengan pihak perusahaan beberapa waktu lalu.

“Sesuai hasil kesepakatan dalam pertemuan beberapa waktu lalu, pihak perusahaan akan memberikan bantuan kepada pemerintah untuk tahapan pembangunan sarana bandara Sekongkang, termasuk pekerjaan pemangkasan dan persiapan landasan Runway Bandara, jadi sekarang ini sedang menunggu jadwal pekerjaan dari pihak perusahaan,” ucap Khairuddin Karim.

Dalam kesempatan itu, Khairuddin Karim juga menyampaikan, jika hasil koordinasi terakhir yang dilakukan, pihak perusahaan akan menyampaikan jadwal pekerjaan kepada pemerintah pada awal Agustus ini. “Mungkin tanggal 30 Juli (hari ini, red) aka nada informasi terbaru dari pihak perusahaan, jadi kami sekarang masih menunggu kepastian,” lanjut Khairuddin Karim yang juga ketua tim perubahan status Bandara Sekongkang ini.

Khairuddin Karim mengaku sangat optimis, jika pengoperasian bandara umum sekongkang dalam diresmikan pada akhir tahun 2012 ini. Hal yang memperkuat optimism itu adalah hasil evaluasi dan verifikasi terakhir yang dilakukan tim dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dimana dari 16 item yang direkomendasi awal untuk dilaksanakan pemerintah tinggal 7 item saja. “Item yang dalam rekomendasi kedua itu sedang dalam proses pekerjaan, jadi perubahan status dan peresmian pengoperasian dapat dilaksanakan tahun ini,” harap Khairuddin Karim.(SBP-01)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment