Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By June 17, 2012 0 Comments

446 Honorer Tidak Lolos Verifikasi Kategori II

Taliwang – Sebanyak 446 pegawai honorer lingkup pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dinyatakan tidak lolos verifikasi untuk kategori II (K2).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BK Diklat), Drs Burhanuddin menjelaskan, secara keseluruhan jumlah pegawai honorer yang diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemen PAN) hanya 1.306 orang dari 1.752 pegawai yang berkasnya diverifikasi. “Yang lolos verifikasi untuk K2 ini sudah kita ajukan akhir Mei lalu,” terang Burhanuddin.

Dijelaskannya, penyebab tidak lolosnya ratusan orang tersebut setelah hasil verifikasi menemukan banyak kejanggalan. Diantaranya, ada pegawai yang mengabdi diatas tahun 2005 padahal sesusia persyaratan yang diproses untuk ketegori ini adalah yang mengabdi sejak tahun 2005, ada juga tenaga yang mengabdi ini berusia kurang dari 19 tahun pada saat pertama bekerja. “Termasuk ijasah, yang bersangkutan mengabdi sejak tahun 2005 tapi ijasah paket C-nya terbit ditahun 2008, tapi kebanyakan yang tidak lolos ini disebabkan karena pengabdiannya terputus-putus,” kata Burhanuddin.

Honorer yang dinyatakan lolos verifikasi ini ditargetkan akan dirampungkan sampai tahun 2014 mendatang. Mereka akan ikut tes untuk kalangan mereka sendiri. “Penentuan lulusnya itu nanti tergantung dari standar nilai minimum yang ditentukan BKN, soalnya sendiri nanti akan berasal dari PTN setempat,” tandasnya.

Namun terkait hal tersebut Burhanuddin belum bisa memastikan mengenai pelaksanaan tehnisnya dilapangan. Pasalnya, sampai saat ini belum ada petunjuk tehnis yang dikeluarkan pemerintah pusat.

Bagi honorer yang masuk K2 bukan secara otomatis akan diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Selain harus melakukan tes diinternal, mereka juga harus tetap ngantor seperti biasa sampai tes tersebut berlangsung. “Kalau mereka mengabdi terputus-putus otomatis mereka tidak akan lolos, karena nanti akan dilakukan verifikasi ulang oleh BKN sendiri,” tambah Burhanuddin.(SBP-01)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment