Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By May 3, 2012 0 Comments

Pemda Sumbawa Barat Siapkan Petugas Pengelola Bandara

Taliwang  – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (Pemda KDB), Nusa Tenggara Barat (NTB) menyiapkan petugas pengelola bandara udara Sekongkang yang akan diperasionalkan kembali pada Juli-Agustus 2012.

Kepala Bagian Humas dan Pusat Data Elektronik (PDE) Setda Pemda KSB, Yahya Soud SPd MM yang dihubungi dari Mataram, Kamis mengatakan, pihaknya menyiapkan sebanyak 25 orang petugas bandara udara (bandara) Sekongkang yang diambil dari karyawan Dinas Pehubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo).

“Sebanyak 25 orang calon pengelola bandara itu akan diberikan bimbingan teknis selama tiga hari 8-10 Mei 2012 di Taliwang dengan melibatkan lima orang instruktur dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pehubungan Udara, Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

Bintek tersebut dilaksanakan untuk memenuhi ketentuan UU No. 1/2009 tentang Penerbangan dan Peraturan Menteri Perhubungan No. KM 24 Tahun 2009 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) dan terkait rencana Pemkab Sumbawa Barat mengoperasionalkan Bandara Sekongkang pada pertengahan 2012.

Ia mengatakan, para instruktur tersebut akan memberikan bintek tentang teknis operasional bandara dan penerbangan yang diperlukan dalam rangka mengoperasikan bandara yang dibeli dari salah seorang pengusaha pariwisata di Kabupaten Sumbawa Barat.

Terkait dengan rencana mengoperasian Bandara Sekongkang tersebut, Pemkab Sumbawa Barat membentuk unit pelaksana teknis daerah (UPTD) dengan surat keputusan (SK) Bupati Sumbawa Barat No. 6 Tahun 2012.

Setelah itu, kata Yahya,  para calon pengelola Bandara Sekongkang itu selanjutnya juga akan mengikuti bintek kebandaraan di Bandung, Jawa Barat.

“Dengan beroperasinya Bandara Sekongkang itu, maka perjalanan menuju Kabupaten Sumbawa Barat bisa lebih singkat. Selama ini melalui jalan darat dan penyeberangan waktu tempuh mencapai enam jam, sementara kalau menggunakan angkutan udara bisa dipersingkat menjadi hanya 20 menit.

Menurut dia, keberadaan bandara tersebut diharapkan mampu menarik minat para investor untuk membuka usaha di daerah ini dan menunjang sektor pariwisata. “Dengan beroperasinya Bandara Sekonkang tersebut kita harapkan kunjungan wisatawan ke Suimbawa Barat semakin meningkat dan para investor tertarik untuk membuka usaha di daerah ini,” katanya.

Sebelumnya Bupati Sumbawa Barat KH Zulkifli Muhadli mengatakan,  Bandara Sekongkang tersebut akan dioperasikan atas kerja sama dengan pengusaha pariwisaata asal Bali yang juga pemilik hotel Tropical Beach Resort Sumbawa Barat di Kecamatan Sekongkang. “Bandara Sekongkang akan kita jadikan bandara umum yang manajemen pengelolaannya kerja sama Pemkab Sumbawa Barat dan Tropical Beach Resort Sekongkang. Kami mengharapkan pertengahan 2012 bandara tersebut mulai dioperasikan,” katanya.

“Saya sudah membicarakan dengan manajemen PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) agar menggunakan bandara ini, sehingga ‘load factornya’ bisa terpenuhi. Kita mengharapkan selain karyawan PTNNT, para wisatawan dan tamu-tamu pemda, nantinya kita wajibkan perjalanan dinas pemda wajibkan gunakan pesawat melalui bandara itu,” ujarnya.(ant)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment