Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By March 8, 2012 0 Comments

Bantaran Sungai Bakal Dijadikan Obyek Wisata

Taliwang – Bantaran sungai yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan dijadikan obyek wisata, sehingga Badan Lingkungan Hidup (BLH) sebagai leading sektor yang diberikan kepercayaan akan melakukan penataan bantaran sungai.

Sekretaris BLH, Kusmayadi ST, SKM, MM yang dikonfirmasi mengaku, pihak BLH telah melakukan survey dengan melibatkan tim tekhnis perencanaan. Lokasi awal yang akan ditata untuk dijadikan obyek wisata adalah bantaran sungai yang berada di Kelurahan Menala.

Program penataan bantaran sungai yang merupakan salah satu program unggulan Bupati KSB ini, bukan semata-mata untuk memperindah bantaran sungai, tetapi lebih pada ajakan kepada masyarakat bahwa bantaran sungai bukan tempat pembuangan sampah. “Pemerintah ingin menyampaikan kepada masyarakat, bahwa bantaran sungai bukan tempat alternative membuang sampah, jadi pemerintah perlu mengajak dengan cara membentuk bantaran sungai sebagai obyek wisata,” tandasnya.

Diingatkan Kusmayadi, bentuk penataan yang akan dilakukan nanti adalah, bantaran sungai yang sudah dibronjong akan diperindah dengan tanaman hias dan penataan lainnya, sehingga masyarakat memiliki hasrat untuk berada dilokasi itu. Setelah masyarakat sudah mulai menyukai lokasi itu, ada tahapan lanjutan yang akan dilakukan pemerintah KSB, termasuk dalam mengembangkan usaha masyarakat.

Penataan bantaran sungai akan dimulai tahun 2012 ini, karena anggaran untuk kegiatan itu telah tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2012. “Kami berencana pelaksanaan program itu, jadi kami mengharap dukungan seluruh masyarakat, agar program mewujudkan kota Taliwang yang bersih dapat terlaksana dengan baik,” terang Kusmayadi.

Kawasan lain yang juga akan dilakukan penataan untuk dijadikan obyek wisata adalah makam Tabola dan Alun-alun Kota Taliwang. “Perubahan fungsi obyek tersebut merupakan bagian dalam memenuhi sembila kebutuhan dasar masyarakat yang sedang digalakkan pemerintah KSB,” timpal Kusmayadi.(SBP-01)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment