Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By January 8, 2012 0 Comments

Truk Fuso Pengangkut Batu Mangan Akhirnya Dilepas

Taliwang – Belasan unit truk fuso pengangkut batu mangan yang sempat diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) beberapa waktu lalu akhirnya dilepas, lantaran penanggung jawab material berharga itu telah mengurus dokumen Surat Keterangan Asal Barang (SKAB).

Kasat Pol PP, Agus Hadnan SPd yang dikonfirmasi media ini melalui selularnya kamis (5/1) kemarin menjelaskan, langkah pengamanan yang dilakukan saat itu karena pihak koperasi Bina Usaha kecamatan Jereweh yang sebagai pemilik batu mangan itu, tidak mampu memperlihatkan dokumen SKAB atas barang itu.

“Pemilik batu mangan telah mengantongi SKAB yang dikeluarkan Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset (DPPKA) selaku leading sektor pemerintah, jadi tidak ada alasal kami untuk tetap menahan kendaraan tersebut,” kata Agus.

Namun saat ditanya kenapa pengakutan batu material jenis mangan perlu pengurusan SKAB, ia mengatakan bahwa  SKAB adalah instrument hukum yang mengatur pemasukan bagi daerah atas hasil kekayaan alam yang diambil dari KSB (15 persen dari total nilai), serta memastikan diberikannya hak masyarakat berupa dana CSR sebesar Rp 25 per kg.

“SKAB adalah instrumen yang mengatur kekayaan alam di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB),” lanjut Agus Hadnan.

Oleh karena itu, ia berharapan kepada seluruh pengusaha pertambangan, agar tidak mencoba keluar dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 30 tahun 2010 tentang SKAB, jika tidak ingin berhadapan dengan Pol PP. “Kalau tidak dilengkapi SKAB tetap akan kami tahan. SKAB itu gratis, hanya saja kewajiban pengusaha kepada daerah dan masyarakat yang harus diberikan,” tandas Agus Hadnan.(SBP-01)

Posted in: Artikel

About the Author:

Post a Comment