Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By September 16, 2011 1 Comments

NTB Hanya Mengajukan Formasi Khusus CPNS 2011

Mataram – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat hanya mengajukan formasi khusus tenaga medis dan tenaga teknis tertentu dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2011.

“Pengajuan formasi CPNS tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena adanya moratorium untuk penataan birokrasi,” kata Asisten Tata Praja dan Aparatur (Asisten I) Setda Nusa Tenggara Barat (NTB) H Nasibun, di Mataram.

Ia mengatakan, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2011 mengacu kepada kepada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Nomor 26 Tahun 2011 tentang Pedoman Penghitungan Jumlah Pegawai Negeri Sipil.

Untuk kepentingan penataan birokrasi maka rekrutmen CPNS disesuaikan dengan jumlah kebutuhan, kompetensi atau profesionalisme unit kerja, distribusi satuan kerja antarlembaga maupun antardaerah.

Jumlah PNS di jajaran Pemprov NTB telah mencapai 7.055 orang yang mengabdi di jajaran Sekretariat Daerah (Setda), Sekretariat Dewan (Setwan), dinas-dinas daerah, Lembaga Teknis Daerah (LTD) dan lembaga daerah lainnya.

Dari pedoman yang ada yang dikaitkan dengan beban kerja, maka Pemprov NTB termasuk daerah kelebihan PNS, namun dari aspek kualifikasi kompetensi masih tergolong kurang, terutama tenaga ahli medis dan para medis. “Berdasarkan analisis kebutuhan pegawai sesuai Keputusan Menpan dan RB Nomor 26 Tahun 2011 itu, maka Pemprov NTB masih mengajukan formasi CPNS namun hanya untuk formasi khusus tenaga medis dan tenaga teknis tertentu,” ujarnya.

Tenaga teknis tertentu yang dimaksud yakni bidang penerbangan karena tahun ini Bandara Internasional Lombok (BIL) mulai dioperasikan, dan bidang pertambangan dan agribisnis.

Menurut Nasibun, jumlah formasi CPNS 2011 yang diajukan Pemprov NTB pun tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, dan tidak pula mengacu kepada jumlah PNS yang pensiun. “Kalau tahun-tahun sebelumnya formasi yang diajukan lebih dari 250 orang, maka tahun ini hanya sebagiannya saja atau sekitar 100 orang lebih. Jumlah PNS yang pensiun sebanyak 280-an orang namun formasi yang diajukan tidak sebanyak itu,” ujarnya.

Dengan demikian, formasi CPNS 2011 yang diajukan Pemprov NTB tidak banyak mengakomodasi tenaga teknis lainnya seperti administrasi dan keuangan serta tenaga teknis lainnya yang bersifat administratif. “Hal itu juga akan dilakukan pemerintah kabupaten/kota yang mengacu kepada Keputusan Menpan dan RB nomor 26 Tahun 2011 itu,” ujarnya.(ant)

Posted in: Regional

About the Author:

1 Comment on "NTB Hanya Mengajukan Formasi Khusus CPNS 2011"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. kartika yudha S.Kep,. Ns says:

    Mau tanya kapan pengumuman pembukaan CPNS tahun 2011 ni?

Post a Comment