Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By January 31, 2011 0 Comments

Tritura Bakal Terealisasi, Komisi II Bijaksanai Pengapalan ke-4

Taliwang – Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tidak akan melakukan penghadangan pengapalan ke-4 konsentrat milik PT. Newmont Nusa Tenggara (PT. NNT), lantaran Tiga Tuntutan Rakyat (Tritura) sudah ada sinyal akan terealisasi.
Sekretaris Komisi II DPRD KSB, Fud Syaifuddin, ST yang dikonfirmasi melalui selularnya Minggu (30/1) mengatakan, aksi penghadangan pengapalan konsetrat akan dilakukan, jika tuntutan rakyat Bumi Pariri Lema Bariri tidak terealisasi, tetapi aksi itu akan dibatalkan, selama perusahaan maupun pemerintah pusat memiliki itikad baik untuk merealisasikannya.
Masih penjelasan Fud, hasil konsultasi dan koordinasi dengan pemerintah pusat, baik yang dilakukan jajaran legislative maupun melalui Bupati KSB, Tritura yang diperjuangkan rakyat bersama pemerintah akan terwujud, hanya saja belum dapat dipastikan.
“Kemungkinan pemerintah KSB dapat mengakuisisi saham bersama mitra yang ditetapkan dalam Beauty Contest, termasuk amandemen Kontrak Karya (KK) sangat memungkinkan, jadi aksi penghadangan pengapalan akan ditiadakan,“ tegas Fud.
Diterangkan Fud, sikap lunak yang akan dilakukan Komisi II DPRD KSB akan diantisipasi agar tidak dimanfaatkan oleh pihak perusahaan atau kelompok lain untuk kepentingan yang bakal merugikan masyarakat dan pemerintah KSB.
“Kami mendapat pengakuan dari pemerintah pusat, tuntutan masyarakat KSB akan dipercepat penyelesaiannya, sehingga penghadangan pengapalan konsentrat ditunda pada pengapalan berikutnya,“ lanjut Fud.
Fud juga berharap kepada Bupati KSB dan jajarannya yang mengikuti pertemuan terakhir dengan Newmont yang difasilitasi Direktorat Jendral Mineral dan Batu Barat (Dirjen Minerba) untuk mempublikasi hasilnya, agar tidak terjadi salah persepsi masyarakat, lantaran penghadangan pengapalan ke-4 sudah menjadi keputusan rakyat, agar Tritura dapat terealisasi.
Kepada perusahaan, Fud juga berharap ada keseriusan dan memahami kemarahan masyarakat yang sedang memperjuangkan haknya dengan tidak membuat trik atau mencoba memperkeruh suasana. “Kami minta kepada Newmont untuk ikut berperan langsung dalam merealisasian Tritura, agar aksi yang pernah dilakukan dihadapan gate tidak kembali terulang,“ tandasnya.(SBP-01)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment