Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By January 29, 2011 0 Comments

Bupati Dompu Pimpin Rapat Tim Penanggulangan Kemiskinan

Dompu – Rapat penanggulangan kemiskinan tingkat Kabupaten Dompu yang berlangsung di ruang rapat bupati, Rabu (26/1) dipimpin langsung Bupati H. Bambang M Yasin.
Rapat tersebut merupakan rapat persiapan tim penanggulangan kemiskinan tingkat Provinsi NTB yang akan dihadiri Wakil Gubernur NTB. Ir. H. Badrul Munir MM selaku ketua tim penanggulangan kemiskinan tingkat Provinsi NTB akan hadir dalam kegiatan dimaksud. Rencananya, kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Dompu 31 Januari 2011 mendatang.
Rapat dihadiri Wakil Bupati Dompu, Ir. H. Syamsudin MM selaku ketua tim penanggulangan kemiskinan tingkat Kabupaten Dompu, Sekda, Drs. H. Zainal Arifin serta kepala dinas, kantor, badan di lingkup Pemda Dompu dan sejumlah LSM.
Bupati dalam rapat tersebut meminta kepada peserta yang sudah mengantongi SK untuk mempersiapkan sebaik-baiknya materi atau program yang akan disampaikan dalam pertemuan 31 Januari nanti.
Bupati mengatakan, pertemuan atau forum tersebut hendaknya bisa merekonstruksi pilihan penanggulangan kemiskinan di Dompu. Dengan harapan, pertemuan tersebut difokuskan pada masalah atau menghasilkan rekomendasi. “Saya harapkan forum ini bisa merekonstruksi pilihan dan menghasilkan rekomendasi untuk penanggulangan kemiskinan di Dompu,” pinta Bambang.
Dikatakannya, persoalan kemiskinan di Dompu harus ada pemecahannya. Apakah dengan membuka lahan baru bagi masyarakat atau ada cara lain untuk menyelesaikannya. Namun dirinya bingung dengan kondisi masyarakat Dompu saat ini. Sebab setahunya, PDRB Kabupaten Dompu bersumber dari petani. “Tapi justru yang miskin di Kabupaten Dompu adalah petani,” ujarnya heran.
Karenanya, kata bupati, lewat program komoditi unggulan Dompu, yakni, jagung, rumput laut dan sapi (Pijar) diharapkan persoalan kemiskinan di Kabupaten Dompu bisa diminimalisir. “Melaui program Pijar, kita harapkan kemiskinan di Kabupaten Dompu bisa diselesaikan,” katanya.
Sementara Wabup Dompu mengatakan, salah satu kunci untuk menjawab masalah kemiskinan di Kabupaten Dompu yakni, bersama-sama memberdayakan masyarakat untuk terus menggalakkan program Pijar. “Pengembangan program Pijar, adalah kunci untuk menjawab masalah kemiskinan di Dompu,” kata Wabupp.
LanjutWabup, penanggulangan kemiskinan merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu, di tiap tahunnya minimal 5 persen kemiskinan bisa dikurangi. “Harus ada upaya kongkrit untuk mengurangi 21 persen kemiskinan di Kabupaten Dompu,” tandasnya.(Aif)

Posted in: Regional

About the Author:

Post a Comment