Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By May 30, 2011 0 Comments

NTB Kirim Pekerja Bidang Peternakan Ke Malaysia

Mataram – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengirim sejumlah tenaga kerja bidang peternakan ke Malaysia yang ditugaskan khusus memelihara sapi Bali yang diimpor dari Pulau Lombok oleh sejumlah pengusaha asal negeri Jiran itu.

Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) NTB I Komang Subadra di Mataram, Sabtu, mengatakan, tenaga kerja Indonesia (TKI) asal daerah ini tidak hanya bekerja di ladang kelapa sawit di Malaysia, tetapi juga banyak yang menjadi pekerja di bidang peternakan. “Jumlah TKI NTB yang menjadi pekerja bidang peternakan di Malaysia setiap tahun terus meningkat. Selama tahun 2010 jumlahnya mencapai 230 orang, meningkat dibandingkan dengan tahun 2009 sebanyak 113 orang,” katanya.

Ia mengatakan, selama empat bulan (Januari-April) 2011, TKI asal Pulau Lombok (NTB) yang menjadi pekerja bidang peternakan di Malaysia baru sembilan orang. Diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah. “Sapi yang dikirim dari NTB ke Malaysia beberapa tahun lalu diperlihara oleh TKI asal daerah ini, sehingga tidak mengherankan setiap tahun ada permintaan tenaga kerja khusus untuk memelihara ternak di negeri jiran tersebut,” katanya.

Subadra mengatakan, para TKI yang sebagian besar berlatar belakang petani dinilai mampu memelihara sapi dengan baik. Sapi yang dipelihara di ladang kelapa sawit di Malaysia umumnya di datangkan dari NTB.

Selain sebagai pemelihara ternak, TKI asal NTB juga banyak yang bekerja di perkebunan pisang di Malaysia yang ditanam sela-sela tanaman kelapa sawit yang luasnya satusan hektare dalam satu areal perkebunan.

Menurut Subadra, permintaan TKI asal NTB dari Malaysia terus meningkat setiap tahun selain untuk pekerja ladang kelapa sawit juga bekerja sebagai pemelihara ternak, cleaning service dan pekerja konstruksi serta perka kilang/industri.

Selama januari hingga April 2011, jumlah TKI asal NTB terbanyak bekerja di ladang kelapa sawit, mencapai 14.695 orang yang tersebar di sejumlah perusahaan perkebunan kelapa sawit di Malaysia.

Selain itu, selama empat bulan terakhir juga banyak yang bekerja di Arab Saudi dan negara Timur Tengah lainnya terutama menjadi penata laksana rumah tangga ( PLRT) sebanyak 5.956 orang.

Di samping itu sebanyak 457 orang TKI NTB menjadi pekerja konstruksi dan yang menjadi sopir di Arab Saudi tercatat 57 orang.(ant)

Posted in: Regional

About the Author:

Post a Comment