Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By February 21, 2017 0 Comments

SKPD Harus Pastikan Warga Miskin Penerima Program PDPGR

SKPD Harus Pastikan Warga Miskin Penerima Program PDPGR

Taliwang, – Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), selaku penanggung jawab pelaksanaan Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), harus mampu memastikan, jika calon penerima program, adalah warga Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang tergolong miskin, sesuai dengan semangat yang dibangun pimpinan daerah.

“Saya harap masing-masing SKPD tetap melakukan pendalaman terhadap data yang sudah ada, agar bisa dipastikan bahwa calon penerima itu benar-benar miskin, bukan atas dasar kedekatan atau faktor keluarga, sehingga seluruh program yang tertuang dalam PDPGR dirasakan betul oleh warga miskin,” tandas ketua DPRD KSB, Muhammad Nasir ST, MM.

Disampaikan politisi asal kecamatan Jereweh itu, data yang dimiliki sekarang ini memang sesuai hasil pendataan yang dilakukan agen PDPGR, dimana yang diusulkan adalah warga KSB yang tergolong miskin, namun bisa jadi dalam kurun waktu beberapa bulan ini, atau dalam menunggu proses pencairan bantuan, calon penerima itu sendiri sudah tidak tergolong miskin lagi. “Sebelum dibagikan program tersebut, harus dilakukan pembuktian serius, untuk memastikan bahwa calon penerima masih tercatat sebagai warga miskin,” lanjutnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) KSB itu mengakui, jika tidak mudah untuk melakukan validasi data tersebut, tetapi setidaknya semua SKPD penanggung jawab program, sudah berikhtiar dalam melakukan verifikasi. “Kita semua berharap, tidak ada protes dari masyarakat soal penetapan penerima program, apalagi sampai muncul pernyataan, jika masih ada yang layak dari penerima program tersebut,” urainya.

Nasir mengakui, jika dalam pelaksanaannya, tetap saja ada masalah yang akan muncul, mengingat PDPGR merupakan program baru yang dilaksanakan di Bumi Pariri Lema Bariri, sehingga dirinya berharap masing-masing SKPD itu sendiri membuat bahan evaluasi dan telaan yang akan diperbaiki pada pelaksanaan tahun berikutnya. “SKPD harus membuat catatan-catatan selama pelaksanaan program, sehingga bisa jadi bahan evaluasi nantinya,” terangnya.

Nasir meyakini bahwa seluruh pimpinan SKPD akan lebih fokus dan serius melaksanakan seluruh program itu, karena memang selalu disampaikan oleh pimpinan daerah, jika pelaksanaan program PDPGR harus bisa tuntas dan menyentuh langsung masyarakat miskin. “Saya mengajak kita semua bekerja serius dalam mensukseskan PDPGR, dengan mengedepankan icon kerja KSB, Ikhlas, Jujur dan Sungguh-sungguh (IJS),” harapnya. (SBP-02)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment