Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By February 21, 2017 0 Comments

Mensos RI Berikan Motivasi Bagi Keluarga PKH KSB

H Pirin : Jangan Terus Menjadi Penerima Program

Taliwang, – Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI), Dra Khofiffah Indar Parawansa, bukan sekedar bertemu dengan masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), selaku penerima Program Keluarga Harapan (PKH), tetapi langsung menjadi motivator, bahkan mengingatkan agar selalu berikhtiar untuk menjadi yang lebih baik.

Kehadiran Mensos itu sendiri langsung melakukan penyaluran bantuan sosial non tunai dan dana bantuan hibah dalam negeri, dimana masyarakat sebagai penerima program, tidak akan lagi menerima uang tunai, tetapi akan disalurkan melalui pihak Bank yang ditunjuk. “Mulai sekarang, ibu-ibu akan menerima bantuan melalui rekening. Uang yang diterima harus dipergunakan sesuai peruntukannya, jadi bukan untuk membeli kebutuhan lain,” tandasnya.

Diingatkan juga, jangan sampai uang bantuan yang akan diterima itu, baik itu bantuan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), langsung dikeluarkan semuanya dari rekening, karena akan menyebabkan kesulitan keuangan nantinya, terutama saat membutuhkan dana untuk keperluan sesuai kartunya. “Intinya, dikeluarkan saja sesuai kebutuhan, jangan memaksa untuk dikeluarkan semua,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu Ibu Menteri juga menyampaikan, jika sistem pemberian bantuan bukan dana tunai, sebagai bentuk transparansi yang dilaksanakan pemerintahan Indonesia, karena dengan sistem yang dilaksanakan itu, pasti akan terhindar dari adanya pungutan liar (pungli) dan yang paling penting juga, bantuan yang dikucurkan akan diterima langsung oleh penerima program. “Saya harap pengertian dari para penerima program, jika yang dilaksanakan sekarang untuk menghindari adanya pungutan apapun, jadi bukan mempersulit penerima program,” terangnya.

Sebelum acara ditutup, Mensos menyempatkan diri melakukan pengecekan transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), milik Bank BRI yang menjadi mitra dalam penyaluran dana bantuan tersebut, termasuk melihat sistem transaksi melalui agen BRI yang telah tersebar di Bumi Pariri Lema Bariri.

Sementara Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin MM dalam sambutannya meminta kepada semua masyarakat penerima program, agar tidak terus menjadi penerima program, jadi harus ada semangat dan keyakinan, jika pada tahun mendatang akan menolak ditetapkan sebagai penerima program. “Mari kita sama-sama berikhtiar untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masing-masing, sehingga tidak lagi menjadi penerima program bantuan, baik itu bantuan dari pemerintah pusat, maupun bantuan dari pemerintah KSB yang tertuang dalam Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR),” katanya.

Diingatkan H Pirin sapaan akrabnya, pemerintah KSB bersama Mensos telah melaunching program pengentasan kemiskinan, jadi masyarakat yang masuk kategori miskin, akan selalu mendapat bantuan dari pemerintah KSB. (SBP-01)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment