Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By January 31, 2017 0 Comments

Disnaker akan Lakukan Pendataan Pencari Kerja

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah menetapkan sistem perekrutan tenaga kerja, baik yang akan dilakukan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), maupun perusahaan subkontraktornya, harus melalui prosedur satu pintu, dimana tenaga kerja yang akan direkrut harus atas rekomendasi dari tim bentukan pemerintahan.

Untuk mendukung program perekrutan tenaga kerja satu pintu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) KSB akan melakukan pendataan pencari kerja. “Tahun ini kami akan melakukan pendataan pencari kerja, untuk mendukung instruksi pimpinan daerah soal mekanisme perekrutan pencari kerja satu pintu,” ucap Tohiruddin SH, selaku kasi Hubungan Industrial (HI) pada Disnaker KSB.

Salah satu cara untuk mendapatkan data pencari kerja, Disnaker akan mengeluarkan himbauan bagi para pencari kerja, agar mengajukan permohonan untuk mendapatkan kartu kuning (kartu pencari kerja). “Untuk mendapatkan kartu kuning tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis,” lanjutnya.

Masih keterangan Tohir sapaan akrabnya, kartu kuning yang dimiliki para pencari kerja merupakan dokumen pendukung saat mengajukan lamaran pekerjaan. Kartu kuning itu sendiri akan dikembalikan pihak perusahaan yang telah menerima pencari kerja sebagai karyawan. “Intinya, pemerintah saat ini sangat serius melakukan pendataan pencari kerja, sehingga diminta kepada para pencari kerja untuk mengajukan permohonan mendapatkan kartu pencari kerja tersebut,” harapnya.

Selain untuk pendataan pencari kerja, kartu kuning sendiri untuk melakukan rekapitulasi ketersediaan tenaga kerja, sehingga saat perusahaan apapun menyampaikan keinginan untuk merekrut tenaga kerja, pemerintah melalui tim pengawasan antar kerja bisa menyodorkan calon tenaga kerja yang memenuhi kriteria. “Bagi yang tidak memiliki kartu kuning, akan kecil kemungkinan bisa direkrut sebagai tenaga kerja,” urainya.

Upaya pendataan pencari kerja yang akan dilakukan itu diharapkan bisa menjadi pemicu bagi pimpinan perusahaan, agar tidak asal mengambil tenaga kerja dari luar daerah, sementara tenaga kerja asal Bumi Pariri Lema Bariri sangat tersedia. “Saya sendiri yakin dengan adanya data base pencari kerja, maka akan sedikit menutup ruang bagi perusahaan untuk mencari tenaga kerja luar daerah, karena telah tersedia di KSB, apalagi untuk mengetahui ketersediaan pencari kerja bisa diakses secara terbuka melalui webside,” tuturnya.

Sebagai catatan bagi semua tenaga kerja, pemerintah KSB sedang mensosialisasikan surat edaran bupati KSB, bahwa perekrutan tenaga kerja harus satu pintu, dimana wajib mengajukan laporan tentang rencana perekrutan tenaga kerja, bukan melaporkan telah melakukan perekrutan tenaga kerja. (SBP-01)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment