Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By January 31, 2017 0 Comments

KARS Serahkan Sertifikat Akreditasi Untuk RSUD Asy-Syifa

Wabup : Buktikan dengan pelayanan

Taliwang, – Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), telah menyerahkan sertifikat kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa, sebagai tanda jika infrastruktur milik pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) itu telah terakreditasi, bahkan sebagai RSUD pertama yang mendapat akreditasi untuk pulau Sumbawa. Hal yang membanggakan juga, penyerahan sertifikat akreditasi itu diserahkan langsung Ketua KARS, saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3, Perkumpulan Komite Akreditasi Rumah Sakit di Jakarta.

Wakil bupati KSB, Fud Syaifuddin yang mewakili pemerintah KSB untuk menerima sertifikat akreditasi mengaku bangga, karena status akreditasi itu bisa diterima, padahal persiapan yang dilakukan tidak terlalu lama. Hal itu sebagai bukti bahwa ada semangat para tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Masih keterangan Fud sapaan akrab orang nomor dua di Bumi Pariri Lema Bariri itu, keberhasil mendapatkan status akreditasi bukan untuk dibanggakan, tetapi harus menjadi penyemangat untuk meningkatkan pelayanan. “Prestasi akreditasi harus menjadi tantangan bagi seluruh komponen di RSUD Asy-Syifa, agar bisa ditingkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Wabup mengakui bahwa buah kerjasama semua pihak dan kerja ikhlas jujur dan sungguh-sungguh dari semua aparatur, khususnya aparatur RSUD Asy Syifa memang harus diberikan apresiasi, namun dirinya mengingatkan bahwa status akreditasi juga berarti bertambahnya tanggungjawab seluruh jajaran RSUD dalam memberikan pelayanan dan semakin tingginya ekspektasi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik. “Saya tetap menyampaikan selamat kepada seluruh jajaran RSUD Asy-Syifa atas prestasi terbaik ini,” lanjutnya.

Sebagai catatan penting yang disampaikan Fud, pelayanan yang diberikan selama ini harus ditingkatkan, karena RSUD Asy-Syifa sudah berakreditasi. Selain sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat, juga sebagai upaya untuk mempertahankan predikat tersebut.

Ida Ellyza, S.Kep, kasi pelayanan medik pada RSUD Asy-Syifa sekaligus tim persiapan akreditasi menyampaikan, indikator yang menjadi penilaian dalam program akreditasi khusus ini adalah kualifikasi dan pendidikan staff, pengendalian dan pencegahan infeksi, standar keselamatan pasien serta hak pasien dan keluarga, ”Kami bersyukur bahwa persiapan yang cukup singkat itu bisa berhasil,” terangnya.

Keberhasilan yang diraih itu sendiri tidak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama dukungan dari pemerintah KSB. Dikesempatan itu Ida Ellyza juga mengaku siap untuk mendapatkan program akreditasi reguler yang akan berlangsung tahun ini.

Sebagai informasi, penilaian akreditasi dilaksanakan pada Oktober 2016 lalu. Jadi di Nusa Tenggara Barat (NTB), selain RSUD Asy-Syifa yang sudah terakreditasi, ada RSUD Lombok Barat dan Rumah Sakit milik TNI. (SBP-01)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment