Masjid Agung Kerapan Kebo Pulau Kenawa
By April 27, 2011 0 Comments

Hujan Deras, Wilayah Sebubuk Banjir

Taliwang – Hujan deras yang mengguyur kecamatan Taliwang Senin 25/4 menyebabkan banjir diwilayah Sebubuk kecamatan Taliwang. Kuat dugaan, banjir yang menyebabkan sejumlah rumah warga diwilayah Sebubuk tergenang, lantaran meluapnya sungai dan irigasi air diwilayah lokasi banjir.
Informasi yang dihimpun media ini, hujan yang mengguyur wilayah sebubuk saat itu tidak akan menyebabkan banjir, jika jalur irigasi dan sungai disekitar Sebubuk tidak tertahan oleh tumpukan kayu bekas penebangan saat dilakukan pengerugan dibukit Sebubuk, bahkan tumpukan kayu itu sendiri masih terlihat dijalur irigasi wilayah Sebubuk sampai saat ini.
Warga Sebubuk yang menjadi korban banjir, Muhammad Ihsan yang dikonfirmasi menyampaikan, air yang menghantam pemukiman penduduk cukup deras, lantaran air menggenangi rumah penduduk, akibat luapan sungai yang sudah tidak dapat menampung air hembasan dari atas gunung, sebab pengerugan yang terjadi juga merusak kayu yang dapat menahan air.
Ihsan juga mengaku, kerawanan banjir untuk wilayah Sebubuk masih dirasakan, jika dalam waktu dekat tidak dilakukan pengangkatan potongan kayu hasil pengerugan yang berada diareal sungai maupun jalur irigasi. “Dibawah kolong jembatan dijalur irigasi Sebubuk sampai saat ini masih banyak tumpukan kayu yang dapat menahan laju air, sehingga masyarakat takur dengan hujan saat ini, karena akan menyebabkan banjir,” ucap Ihsan.
Akibat banjir yang menghantam, Ihsan mengaku mengalami kerugian material, namun kerugian itu tidak terlalu dipersoalkan, tetapi meminta kepada pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui dinas tekhnis untuk segera mengambil langkah antisipasi terjadi banjir susulan, lantaran hujan masih akan mengguyur KSB.(SBP-01)

Posted in: Daerah

About the Author:

Post a Comment